Tahukah sahabat satwa karakter Timon di film Lion King itu jenis satwa apa? Satwa ini disebut dengan Meerkat. Mereka bukan keluarga kucing ataupun sejenis tupai, tetapi memiliki keluarga sendiri yaitu Mongoose.

meerkat standing

Meerkat merupakan mamalia yang menghuni Gurun Kalahari di Botswana dan Afrika Selatan.

Bali Safari Park, bagian dari Taman Safari Indonesia Group, menjadi lembaga konservasi satwa pertama di Bali yang memiliki satwa asal Afrika ini.

Meerkat dewasa dapat tumbuh sekitar 24-35 cm dengan berat tidak lebih dari 1,3 kg. Karena itu, mereka sering dijuluki dengan sebutan mamalia kecil. Satwa ini hidup berkelompok disebut dengan istilah “mob” yang terdiri dari 15-20 ekor. Mob biasanya dipimpin oleh pasangan dominan (alpha couple).

APA YANG UNIK DARI MEERKAT?

Tahukah sahabat jika masing-masing anggota Mob memiliki perannya masing-masing.

Pertama, ada yang bertugas menjaga bayi-bayi di tempat persembunyian agar tidak dimangsa oleh predator.

Kedua, ada satu atau dua ekor yang akan bertugas mengawasi kelompok. Mereka yang bertugas akan berdiri tegak dengan tungkai belakang sembari memutar kepala kearah kanan dan kiri. Kemudian, ketika ada ancaman dari predator satwa ini akan mengeluarkan suara untuk memberitahu kelompoknya sehingga bisa segera bersembunyi.

Selain itu, meerkat memiliki lingkaran hitam di sekitar mata untuk mengurangi silau cahaya matahari dan membantu mendeteksi adanya predator udara seperti elang.

Karena merupakan satwa sosial, meerkat biasanya berburu makanan bersama-sama. Mereka biasa berburu serangga, kadal, tikus, burung dan umbi-umbian. Satwa ini juga suka berburu kalajengking karena mereka kebal terhadap racun yang ada pada kalajengking.

Sahabat satwa yang ingin berinteraksi langsung dengan menggemaskan ini bisa langsung datang ke Bali Safari Park. Caranya, sahabat bisa melakukan reservasi terlebih dahulu di Tsavo Lion Restaurant untuk kemudian melakukan aktivitas  memberi makan meerkat pada pukul 11.00 – 15.00.